Uji Kompetensi Bab 2
Produk Kreatif Kewirausahaan
1. Sebuah konsep yang menempatkan kreatiitas dan pengetahuan sebagai aset utama dalam menggerakan ekonomi disebut ...
A.Revolusi bisni
B.Industri kreatif
C.Ekonomi kreatif
D.Ekonomi pembangunan
E.Ekonomi Bisnis
2. Keberadaan industri kreatif sebagai kegiatan ekonomi yang menjadi kreativitas sumber daya manusia sebagai aset utama diharapkan mampu menciptakan
A.Manajemen sumber daya manusia
B.Lapangan kerja
C.Iklim industri yang sehat
D.Keuntungan usaha
E.Nilai tambah ekonomi
3. perhatikan ciri – ciri subsektor ekonomi kreatif berikut.
(1) mempelajari konsep komunikasi dengan memanfaatkan elemen visual sebagai cara untuk mencapai tujuan tertentu
(2) berhubung dengan desain yang mengarah pada kebutuhan komunikasi
(3) salah satu contohnya adalah desain grafis
Berdasarkan ciri – ciri tersebut, subsektor yang dimaksud adalah
A.Arsitektur D. Seni rupa
B.Desain interior E. Periklanan
C.Desain komunikasi visual
4. Salah satu hal yang masih perlu mendapat perhaian dalam subsekor desain interior adalah...
A. kebebasan pembuat desain interior untuk menciptakan karya tanpa batasan
B. Kebebasan pembuat desain interior menggunakan karya sesama desainer tanpa proses adaptasi
C.kemudahan dalam pembuatan sertifikat yang sesuai dengan standardisasi
D.Regulasi tentang tarif dasar jasa pembuatan desain interior
E.Regulasi terkait pajak dari penghasilan jasa desain interior
5. subsektor ekonomi kreatif yang bergerak aktif dibidang seni yang dilakukan oleh setiap individu untuk mengimajinasikan diri dan ilmu mereka dalam merancang bangunan adalah...
A. arsitektur D.musik
B. Desain interior E. Periklanan
C.Seni rupad
6. dlam subsektor desain interior, contoh perancangan desain interior yang berisifat mikro adalah
a. perencanaan desain existing bangunan
b. perencanaan teknis presentas
c. pembuatan landscape interior
d. desain hiasan pesta pernikahan
e. desain interior ruang untuk acara ulang tahun
7. salah satu hal yqng harus di persiapkan ketika merencanakan deskripsi produk adalah
A. menggambarkan secara detail terkait komposisi, bentuk, tampilan dan ukuran
b. membuat desain logo dan keamasan yang menarik
c. menentukan bahan yang akan digunakan untuk kemasan
d. menentukan harga yang pas untuk memperoleh marjin keuntungan yang tinggi
e. menambahkan konsep penjualan dengan penggunaan internet of data
8. merencanakan bahan yang akan digunakan untuk produksi dalam jenis , ukuran, merek, daging, dan komposisi penggunaan merupakan langkah dalam mempersiapkan
a. layout
b. supplier
c. bahan baku
d. deskripsi produk
e. alat dan fasilitas
9.berikut yang bukan peluang usaha dalam seubsektor film, animasi, dan video adalah
a. production house
b. perusahaan film pendek
c. jasa pembuatan konten video youtube
d. jasa pembuatan animasi untuk promosi
e. jasa pada perancangan setting untuk program TV
10. Subsektor dimana terdapat industri yang berkonsentrasi untuk memproduksi dan memperbanyak sebuah literatur dan informasi atau sebuah aktivitas membuat informasi dapat diniikmati publik adalah subsektor...
a. desain komunikasi visual
b. penerbitan
c. kearsipan
d. kebudayaan
e. seni rupa
11. pentingnya membuat rencanaaksi dalm perencanaan usaha adalah...
A.memperkirakan laba yang akan diperoleh
B.menentuukan modal yang harus disiapkan untuk memulai usaha
C.konsep usaha yang tela di buat
D.mengetahui kisaran waktu yang di butuhkan untuk memproses rancangan usaha yang telah dibuat
E.mengetahui langkah yang dilakukan setelah pembuatan rencana usaha beserta jadwal waktu yang ditetapkan
12. Tujuan perlunya melakukan finalisasi produk pda rencana aksi adalah...
A.mendapatkan prototipe akhir
B.mengetahui kekurangan produk/jasa
C.mendapatkan desain logo yang tepat
D.mendapatkan supplier yang berkualitas
E.memproleh total penghitungan kebutuhan
13. berikut yang bukan merupakan hal yang harus dilakukan dalam tahap pertama action plan adalah...
A.uji coba pembuatan produk/jasa
B.evaluasi produk
C.melakukan revisi/perbaikan
D.merencanakan pemasaran
E.finalisasi produk dan penentuan komposisi bahan baku
14. salah satu hal yang harus dilakukan dalm action plan tahap kedua adalah...
A.mendapatkan lokasi penjualan
B.membuat contoh kemasan
C.menghitung kebutuhan modal
D.menghitung harga pokok produk
E.merencanakan pemasaran
15. menghitung total biaya bahan baku yang dibutuhkan untuk setiap produksi, kemudian dibagi dengan hasil produksinya merupakan salah satu langkah dalam action plan yang dilakukan pada tahap..
A.pertama
B.kedua
Cketiga
D.keempat
E.kelima
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar.
1.Jelaskan hubungan antara ekonomi kreatif dan era Revolusi industri 4.0 menurut pendapat anda
2.Jelaskan pentingnya keberadaan produk kreatif pada era revolusi industri 4.0
3.Tuliskan 16 subsektor ekonomi kreatif yang berpeluang menjadi usaha yang sukses di masa depan
4.Tuliskan empat contoh pengusaha muda yang berhasil di bidang subsektor desain interior.
Jelaskan secara singkat jenis usaha yang digeluti pengusaha pengusaha tersebut
5.Tulisakan peluang usaha yang dapat di tekekuni dari subsektor berikut
a.Fotografi
b.Kriya
c.Kuliner
d.Fashion
e.Seni pertunjukan
6.Tulisakan hal penting yang harus direncanakan dalam pembuatan produk kreatif agar usaha kelak ditekuni mampu bersaing dia era revolusi industri 4.0
7.Jelaskan pentingnya membuat rencana usaha dan rencana aksi sebelum memulai usaha
8.Tuliskan empat tahapan dalam rencana aksi yang perlu dibuat sebelum memulai usaha
9.Tuliskan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam rencana aksi tahap kedua
10.Tuliskann langkah-langkah yang harus dilakukan dalam rencana aksi tahap ketiga
Jawaban
ESSAY
1. ekonomi kreatif membutuhkan industri kreatif dengan kreativitas sumber daya manusia sebagai aset utama untuk menciptakan nilai tambah ekonomi
2. poduk kreatif karena sangat diperlukan di kemajuan zaman dan teknologi. Jadi produk kreatif sangat lah di perlukan
3. - subsektor aplikasi dan mengembangkan permainan
- subsektor arsitektur
- subsektor desain produk
- subsektor fashion
- subsektor desain interior
- subsektor desain komunikasi visual
- subsektor seni pertunjukan
- subsektor film,animasi, dan video
- subsektor fotografi
- subsektor kriya
- subsektor kuliner
- subsektor musik
- subsektor penerbitan
- subsektor periklanan
- subsektor seni rupa
- subsektor televisi dan radio
4. – Olive Avianca : dekorator kamar kos mahasiswa
- muhammad edgha : dekorator kamar
- fransisca sinaga : dekorator rumah
- andhika sutoro putra: dekorasi properti
5. - foto pernikahan, foto produk, foto booth, foto desain
- membatik, kerajinan patung, kerajinan wayang kulit
- usaha makanan aneka gorengan, anekakripik, aneka kue
- fashion muslim, fashion sport, kaos distro
- seni tari, seni musik
6. -perbaikan alur baang dan material
- peningkaan kualitas sumber daya manusia
- penggunaan teknologi digital
- menarik minat investor asing
- perluas jaringan bisniss
7. - sumber dana
- panduan bisnis
- menyusun strategi bisnis
- meenghindari kesalahan fatal
- komunikasi dengan pemilik saham
- perencanaan untuk masa depan
perusahaan
8. - melakukan peneltian
- tentukan tujuan
- buat profil perusahaan
- bagi kategori dalam perencaaan
9. - pengumpulan data
- analisis kondisi
- tujuan perusahaan
- laba yang di inginkan
- jangka waktu perusahaan
- prroposal perusahaan
10. - kotrrol produksi
- penjadwalan waktu
- memulai proses produki
- evaluasi produk
Terimakasih bukan hanya bermanfaat bagi anak PM tapi jg bermanfaat bagi anak perkantoran 😁
ReplyDeleteJawaban yg pilgan kok ngga ada
ReplyDeleteItu jawabannya yg bercetak tebal kak
DeleteTapi semuanya sama aja, nggk ada yang tebal
DeleteJawabannya dikasih tanda centang aja kak 🙏
DeleteMakasih ya
DeleteThank YOuuuu!!
ReplyDeleteSangat bermanfataatt
Bermanfaat untuk anak akuntansi jugaa
ReplyDeleteKenapa pilihan ganda nya gak di isi ka😔
ReplyDeleteKenapa yg ganda ga ada jwbn nya kak
ReplyDeletekalo bener aku balik lagi
ReplyDeletegmn bnr g kak?
Deleteknp yg pilihan ganda gaada jawabannya kak
ReplyDeleteCool and that i have a super provide: What House Renovations Can You Claim On Tax home repairs contractors
ReplyDelete